Pemkot Kendari Bakal Menata Kembali Kawasan Tugu Persatuan Ex MTQ

Ketgam,Suasana Tugu Persatuan Ex Mtq. Foto: istimewa

CAKRAWALAINFO.COM-KENDARI– Pemerintah Kota (Pempkot) Kendari menggelar rapat Rancangan penataan kawasan Tugu Persatuan yang dipimpin Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu. Bertempat di ruang pola kantor Balai Kota Kendari, Kamis (12/1/2023).

Dalam rancangan awal itu, pemerintah Kota Kendari akan memasukkan kembali seluruh pedangang ke dalam kawasan Tugu Persatuan, agar kawasan parkiran bisa dikembalikan pada fungsinya dan tidak menimbulkan kekumuhan.

Sejumlah masukan juga diberikan para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar penataan pedagang bisa maksimal namun tidak menghilangkan fungsi ruang publik di kawasan itu.

Ketgam: Pj Wali kota saat memimpin rapat bersama seluruh OPD di ruang pola kantor Balai Kota Kendari

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu menjelaskan, kawasan Tugu Persatuan akan dipertahankan fungsinya sebagai ruang terbuka yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Akan diberikan Kesempatan pada forum CSR dalam hal ini perbankan untuk berkontribusi memfasilitasi yang dibutuhkan masyarakat khususnya kalangan UMKM di kawasan Tugu Persatuan,” kata Asmawa.

Pj Wali Kota Kendari menegaskan akan memberikan keringanan pada pelaku UMKM yang akan ditempatkan dalam kawasan Tugu Persatuan bahkan, pemerintah Kota Kendari akan membebaskan sejumlah retribusi pada mereka selama beberapa bulan pasca pemindahan. Ini dilakukan agar geliat ekonomi dikawasan itu bisa bertumbuh.

Selanjutnya, desain kawasan Tugu Persatuan akan segera difinalkan berdasarkan masukan dan sejumlah pertimbangan, seperti tata letak, estetika, etika termasuk fungsi kawasan itu.

Laporan : Kusuma

Loading...

Pos terkait

Comment