oleh

Tim Verifikasi ODF Kabupaten Turun, Desa Beroanging Masuk Daftar Desa ODF

CAKRAWALAINFO.COM – JENEPONTO | Pemerintah Desa Beroanging Kecamatan bangkala barat Kabupaten jeneponto melaksanakan kegiatan pendampingan kepada Tim Verifikasi Desa ODF (Open Defecation Free), Selasa (23/12/20).

Dalam hal ini yang dimaksud ODF adalah kondisi ketika setiap individu masyarakat tidak buang air besar (tinja) sembarangan tempat, Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit di lingkungan, sehingga untuk mencegah perilaku ini harus dilakukan kegiatan pemantauan langsung dan bimbingan dari Dinas terkait (Dinas Kesehatan dan Tim dari Kabupaten.

Dengan didampingi para Kader Kesehatan Desa beroanging, Tim dari Puskesmas barana dan Perangkat Desa beroanging. Guna menyadarkan masyarakat agar semua rumah bisa memiliki jamban (WC).

Sebelum melakukan verifikasi di tiap dusun desa beroanging, tim dan pendamping berkumpul di Aula desa beroanging untuk membagikan tim yang turun ke rumah-rumah warga.

Kepala Desa beroanging Muhammad, Nur, menyampaikan bahwa capaian perilaku bebas buang air besar (BAB) khusus desa beroanging sudah mencapai 100%, artinya masyarakat sudah memiliki jambang.

Maka dari itu kami pihak Pemerintah Desa beroanging sudah empat (4) tahun berturut-turut menganggarkan untuk bantuan jambanisasi (pembuatan jamban dan septitank), ungkapnya.

Maka dari itu, Tim Kabupaten menyampaikan bahwa kegiatan verifikasi ini akan turun langsung kerumah warga untuk diverifikasi yang didampingi oleh pemerintah desa dan kader kesehatan. Pihak Kabupaten juga bersyukur karena desa beroanging sudah menganggarkan untuk program kesehatan seperti jambanisasi dan kegiatan posyandu.

Alhamdulillah kami dari tim verifikasi kabupaten sudah turun langsung ke rumah warga untuk memastikan, dan desa beroanging sudah layak masuk daftar desa ODF (Open Defecation Free).

Kegiatan verifikasi ini sangat bermanfaat untuk masyarakat Desa beroanging dan semoga bisa menjadi contoh yang baik bagi desa lain. Tutupnya.

Laporan: Iqbal

Loading...

Komentar

News Feed