Menindaklanjuti Arahan Kapolda Sulsel, Kapolres Parepare Siap Amankan Pemilu 2024

Kapolres Parepare AKBP Arman Muis, S.H., S.I.K

CAKRAWALAINFO.COM – PAREPARE – Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan (Polda Sulsel) dibawah kepemimpinan Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian Djajadi, S.I.K., M.H. menggelar Kegiatan Vicon dengan seluruh jajaran Polda Sulsel Terkait Sitkamtibmas Terkini jelang pemilu 2024.

Kegiatan tersebut di ikuti oleh Para Pejabat Utama (PJU) Polda Sulsel dan para Kapolres Jajaran Polda Sulsel maupun Kapolsek Jajaran tingkat Polres.

Dengan tegas menegaskan komitmen Polri untuk memastikan netralitas penuh anggota Polri dalam Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024.

Dalam pernyataannya, Irjen Pol Andi Rian menegaskan bahwa tugas utama Polri adalah untuk mengamankan dan memfasilitasi jalannya Pemilu secara adil, transparan, dan bebas dari campur tangan pihak manapun.

Menindaklanjuti Perintah Kapolda Sulsel, Kapolres Parepare AKBP Arman Muis, S.H., S.I.K., M.M. menekankan kepada para personil untuk mengawal dan melakukan pengamanan pada pemilu 2024 serta menjaga netralitas.

“Kami, sebagai penegak hukum, memiliki kewajiban untuk memastikan bahwa proses demokrasi berjalan lancar tanpa ada intervensi yang dapat mengganggu integritas Pemilu,” ujar Arman Muis

Mantan Kabag Ops Polrestabes Medan itu menambahkan bahwa seluruh jajaran Polri di Poles Parepare telah diberikan instruksi yang jelas untuk menjaga netralitas dalam menghadapi Pemilu 2024.

AKBP Arman Muis meminta kepada seluruh anggotanya untuk tidak terlibat dalam kegiatan yang dapat merugikan integritas Pemilu atau mendukung pihak politik manapun.

Terdapat sanksi yang tegas bagi personil Polri apabila terbukti tidak netral dalam setiap pentahapan Pemilu dan Pilkada Serentak tahun 2024.

“Saya ingin menekankan bahwa Polri adalah penegak hukum yang bertugas untuk melindungi keamanan dan kepentingan masyarakat secara adil dan tanpa pandang bulu. Kami siap bekerja sama dengan semua pihak terkait demi menjamin jalannya Pemilu yang berkualitas dan berintegritas,” tegasnya

Ia mengajak masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam mengawasi dan mendukung proses Pemilu, Kapolres Parepare menekankan pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama proses Pemilu berlangsung.

“diharapkan bahwa netralitas Polri dalam Pemilu akan menjadi pijakan kokoh dalam menjaga integritas dan keamanan selama proses demokrasi berlangsung di wilayah Kota Parepare,”jelasnya

Lebih jelas Arman Muis bahwa Netralitas Polri merupakan perintah konstitusi seperti yang dijelaskan dalam Tap MPR RI Nomor VII/MPR/2000 tentang peran TNI Polri. Khususnya Pasal 10 tentang keikutsertaan Polri dalam penyelenggaraan negara.

Dalam Pasal tersebut dijelaskan bahwa Polri bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis (ayat 1), serta tidak menggunakan hal memilih dan dipilih (ayat 2).

Undang-undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Polri juga menegaskan hal tersebut dalam Pasal 28 ayat 1 dan 2. Bahwa Polri bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak menggunakan memilih dan dipilih.

 

*/Supardi

Loading...

Pos terkait

Comment