oleh

Ibadah Peringatan Jumat Agung, Kapolres Tator Bersama Dandim 1414/Tator Lakukan Patroli Pengawasan Pengamanan.

CAKRAWALAINFO.COM – TANA TORAJA |
Perayaan Jumat Agung tahun ini jatuh pada tanggal 2 April 2021 dan ditetapkan sebagai hari libur nasional. Bagi umat Kristen dan Katolik, Jumat Agung adalah rangkaian dalam perayaan Paskah. Berdasarkan tradisi agama Katolik, ada istilah Trihari Suci Paskah, yakni Kamis Putih, Jumat Agung, dan Paskah.

Dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat Tana Toraja yang merayakan Paskah, Polres Tana Toraja menggelar pengamanan di 33 Gereja yang tersebar di wilayah hukum Polres Tana Toraja, sebanyak 194 personil diturunkan, dan di back up penuh oleh personil Kodim 1414 Tator. Jumat (2/04/2021).

Di peringatan Jumat Agung pagi ini (2/04), Kapolres Tana Toraja AKBP. Sarly Sollu, SIK, MH bersama dengan Dandim 1414/Tator Letkol CZI. Zainal Arifin, M(Han), turun langsung melakukan mobile patroli memeriksa pengamanan dan situasi ibadah Jumat Agung di sejumlah gereja.

Dua petinggi benteng NKRI di Tana Toraja ini lakukan mobile dengan menggunakan Randis Roda Dua, bergerak dari satu gereja ke gereja yang lain, diantaranya gereja Kibaid di Jl. Nusantara, Gereja Bethel Tabernakel di Pantan, dan gereja Katolik Paroki Hati Tak Bernoda, Makale.

Terpantau sekitar pukul 09.00 wita, Kapolres Tana Toraja dan Dandim 1414/Tator berada di gereja katolik Paroki Hati Tak Bernoda Santa Perawan Maria.

Ibadah Peringatan Jumat Agung di gereja Katolik Paroki Hati Tak Bernoda berjalan dengan lancar dan kondusif, puluhan personil gabungan Polres Tana Toraja dan Kodim 1414/Tator bersiaga di depan pintu gerbang masuk, bahkan personil bersenjata juga di siagakan.

Pada keterangan persnya saat berada di gereja Katolik Paroki Hati Tak Bernoda Kapolres Tana Toraja AKBP. Sarly Sollu katakan bahwa dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang merayakan paskah, pihaknya bersama dengan Dandim 1414/Tator lakukan patroli pengawasan pengamanan ibadah paskah dari gereja ke gereja.

” Saya (Kapolres Tana Toraja), bersama bapak Dandim 1414/Tator, pagi ini melaksanakan patroli pengawasan pelaksanaan pengamanan ibadah paskah dari gereja ke gereja, hal ini kami lakukan untuk memastikan masyarakat merasa aman dalam menjalankan ibadahnya, ini juga merupakan bentuk pelayanan kami dari Polres Tana Toraja dan Kodim 1414/Tator, dan hari ini kita lihat bersama banyak warga yang datang ke gereja, untuk itu kita pastikan masyarakat aman dan nyaman dalam beribadah “. Tutur Sarly Sollu.

Pelibatan personil bersenjata, kata Sarly Sollu lanjut, merupakan langkah mengantisipasi tindakan tindakan terorisme.

‘ Iya, kita libatkan personil bersenjata sebagai langkah antisipasi pada tindakan tindakan terorisme yang dapat mengancam keselamatan masyarakat yang melaksanakan ibadah, itu mengacu pada SOP Pengamanan Polri.

Hal senada juga di katakan oleh Dandim 1414/Tator, Zainal Arifin katakan patroli pengawasan yang dilakukan tersebut untuk menghadirkan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang melaksanakan ibadah paskah.

” Iya, patroli pengawasan yang kita lakukan ini adalah untuk menghadirkan rasa aman dan nyaman bagi warga yang merayakan paskah “. Kata Zainal Arifin menguatkan keterangan Sarly Sollu.

Pada pelaksanaan ibadah paskah tahun 2021 ini, Polres Tana Toraja menurunkan 194 personil, yang ditempatkan di 33 gereja yang ada di Kab. Tana Toraja, melibatkan unsur pengamanan dari Kodim / 1414 Tator, Sat Pol. PP dan Ormas.

Tarpantau hingga pukul 11.05 wita, ibadah peringatan Jumat Agung berjalan dengan aman dan kondusif.

Sumber : Humas Polres Tana Toraja
Laporan : Supardi

Loading...

Komentar

News Feed