oleh

Hari ini, Penyaluran BTPKLW Targetkan Menyentuh 287 Pelaku Usaha

CAKRAWALAINFO.COM – TANA TORAJA | Penyaluran Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (disingkat BTPKLW) kembali di laksanakan di Mapolres Tana Toraja, ratusan warga calon penerima sejak pagi telah memasuki area Polres Tana Toraja menunggu antrian untuk menerima bantuan. Rabu (13/10).

Bantuan yang bersumber dari pemerintah yang di peruntukkan bagi warga pelaku usaha dengan spesifikasi pedagang kaki lima dan pelaku usaha warung ini berbentuk uang tunai sebesar Rp. 1,2 juta bagi setiap calon penerima.

Untuk menerima bantuan ini, data calon penerima dimasukkan dalam aplikasi khusus, yang memeriksa apakah calon penerima sudah pernah menerima bantuan sebelumnya atau sama sekali belum pernah.

Aplikasi khusus ini memiliki data base warga yang pernah menerima bantuan sebelumnya, sehingga out put yang dihasilkannya merupakan data warga yang sama sekali belum pernah menerima bantuan pemerintah di tengah masa pandemi Covid -19.

Sejauh ini, capaian penyaluran bantuan BTPKLW telah menyentuh angka 1415 warga yang telah menerima bantuan.

Dan, di targetkan untuk penyaluran pada Rabu (13/10) pagi ini, Tim penyalur dari Polres Tana Toraja menargetkan sasaran calon penerima sebanyak 287 orang pelaku usaha.

Menariknya, dana segar bantuan pemerintah untuk usaha yang disalurkan oleh kepolisian, sama sekali tidak ada biaya administrasi atau pun biaya tambahan yang di bebankan kepada calon penerima, artinya dana bantuan sebesar Rp. 1,2 juta tersebut diterima secara utuh oleh warga penerima.

” Iya, dana yang kami salurkan tidak mengenal istilah biaya administrasi atau biaya tambahan lainnya, dana sebesar Rp 1,2 juta itu diberikan secara utuh kepada masing masing orang peneima bantuan “. Kata Ipda Bartholomeus, Tim penyalur BTPKLW, yang di konfirmasi saat akan menyalurkan bantuan pagi ini.

Dikutip dari pernyataan Kapolres Tana Toraja AKBP. Sarly Sollu, SIK, MH sebelumnya yang menyebutkan, Penyaluran BTPKLW merupakan amanah menghadirkan negara ditengah – tengah masyarakat.

” Ini amanah dan kepercayaan pemerintah kepada Polri, bentuk dari kehadiran negara ditengah masa sulit seperti sekarang ini, bantuan pemerintah yang kita salurkan ini merupakan bantuan yang di tujukan kepada para pelaku usaha pedagang kaki lima dan warung, yang bertujuan untuk membantu ekonomi masyarakat pasca pemberlakukan PPKM Level IV beberapa waktu yang lalu “. Sebut Sarly Sollu kala itu.

Sarly Sollu juga katakan, Bantuan BTPKLW saat ini hanya di salurkan oleh Polres Tana Toraja dan Polrestabes Makassar, ” untuk saat ini, baru Polres Tana Toraja dan Polrestabes Makassar yang diberikan amanah untuk menyalurkan bantuan pemerintah ini, jadi kita harus bersyukur, dan saya sangat mengharapkan bantuan BTPKLW benar – benar di manfaatkan oleh penerima untuk mengembangkan usaha, sehingga nantinya pemulihan ekonomi masyarakat Tana Toraja secara perlahan dapat pulih kembali “. Harap Sarly Sollu.

Sampai berita ini diturunkan, penyaluran BTPKLW sedang berlangsung di Aula Bhayangkara Polres Tana Toraja.

 

Laporan : Supardi

Loading...

Komentar

News Feed