oleh

Dukung UMKM, Dinas Pariwisata Provinsi Sultra Libatkan 30 Brand Kuliner Dalam acara Karya Anak muda

CAKRAWALAINFO.COM-KENDARI: Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) libatkan 30 brand kuliner dari pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Kendari dalam acara ‘ Karya Anak muda Sultra” bertempat di Pelataran Eks Tugu MtQ.Kamis (4/11/2021)

Dukung UMKM, Dinas Pariwisata Provinsi Sultra Libatkan 30 Brand Kuliner Dalam acara Karya Anak mudaAcara tersebut di langsungkan mulai pada Kamis hingga sabtu (4-6/11/2021) dan diisi karya-karya anak muda Kendari seperti tari khas sulawesi tenggara, standup comedy, band-band lokal Kota Kendari.

Saat di temui usai acara Kepala Bidang Sumber Daya Pariwisata, Erwin Tahir mengungkapkan kegiatan yang kami lakukan ini menjadi salah satu upaya pemerintah dalam mendukung pelaku UMKM di Kendari yang ikut terdampak akibat pandemi Covid-19.

“Jadi salah satu tujuan kegiatan ini, yaitu menumbuhkan kembali rasa semangat teman-teman pelaku usaha untuk kembali makukan usahanya sehingga dapat mendukung pertumbuhan ekonomi daerah kita,” ungkap Erwin pada awak media

Lanjutnya “melalui kegiatan ini juga menjadi sarana bagi pihaknya untuk mengenalkan metode CHSE yang digagas oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dalam menghadapi pandemi.

“Kegiatan ini juga menjadi sarana untuk kami mengenalkan metode CHSE dimana pelaku usaha mengedepankan penerapan protokol kesehatan yang berbasis pada Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan),” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, ia menyampaikan keinginan pihak Dispar, dimana kedepannya akan memberi ruang kepada para pelaku UMKM dengan mendirikan lapak permanen di Sekitar Pelataran Tugu Eks MtQ.

“Kedepan kami juga punya keinginan, setelah nanti ditangani oleh dispar, kegiatan seperti ini tidak hanya sehari atau dua hari saja. Tetapi kalau bisa permanen, kita buka lapak-lapak yang bersifat permanen agar menjadi tempat wisata kuliner di Kendari,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Ketua Komunitas Kuliner Kendari (Triple-K), Muhammad Yusri menyebutkan bahwa brand yang mengikuti festival ini didominasi oleh anggotayang tergabung pada komunitas tersebut.

Lanjutnya, giat ini menjadi kesempatan bagi para pelaku UMKM khususnya bidang kuliner untuk kembali meningkatkan usahanya setelah menghadapi pandemi.

“Ini menjadi langkah awal bagi teman-teman UMKM untuk menunjukan bahwa ekonomi di Kendari sudah mulai membaik, apalagi dengan adanya kegiatan seperti ini insyaallah akan lebih baik lagi kedepannya,” kata Yusri.

Laporan: Kusuma

Loading...

Komentar

News Feed