oleh

China menawarkan uang tunai dan vaksin kepada orang-orang di Gaza

CAKRAWALAINFO.COM – BEIJING: China mengatakan akan menawarkan uang tunai dan 200.000 dosis vaksin COVID-19 kepada warga Palestina yang terjebak dalam pertempuran terbaru di Gaza.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Zhao Lijian pada hari Jumat mengatakan kepada wartawan bahwa $ 1 juta akan diberikan sebagai bantuan kemanusiaan darurat dan $ 1 juta lainnya akan diberikan kepada UNRWA, badan PBB yang memberikan bantuan penting kepada 75 persen dari populasi daerah kantong yang merupakan pengungsi.

China akan “terus memberikan dukungan kemanusiaan dalam kapasitasnya dan secara aktif berpartisipasi dalam rekonstruksi Gaza sesuai dengan kebutuhan pihak Palestina,” kata Zhao pada briefing harian.

Pertempuran itu telah membawa sistem perawatan kesehatan Gaza ke ambang kehancuran dan upaya vaksinasi COVID-19, yang sudah lambat, telah berhenti, menurut pejabat tinggi WHO di Gaza, Sacha Bootsma. China telah menjadi pengekspor dan donor utama vaksin COVID-19, mengambil peran utama dalam apa yang oleh beberapa orang disebut sebagai “diplomasi vaksin”.

China adalah pendukung kuat perjuangan Palestina tetapi juga mempertahankan hubungan yang kuat dengan Israel. – AN

Editor: Ani Hammer

Loading...

Komentar

News Feed