Antisipasi Kemacetan, Begini Rekayasa Pengalihan Arus Saat Lomba Gerak Jalan Di Parepare

CAKRAWALAINFO.COM – Parepare | Ditemui diruang TMC, Kasat Lantas Polres Parepare AKP. Adnan Leppang, SH, MH, memberikan penjelasan terkait rekayasa pengalihan arus kendaraan selama lomba gerak jalan dan Drumband berlangsung. Minggu (13/08/2023).

Diketahui, Pemkot Parepare menggelar lomba Gerak Jalan dan Drumband dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 78, lomba ini di pusatkan di Alun – alun kota, lapangan A. Makkasau, yang letaknya berada tepat di jantung Kota Bandar Madani, Parepare.

Rute yang dilalui oleh para peserta, di padati oleh warga yang menyaksikan dari pinggir – pinggir jalan, padat di tiap sudut rute, dan tak pelak, jalanan tersebut tak dapat digunakan oleh para pengguna kendaraan.

Untuk menghindari pengguna kendaraan yang akan melintasi Kota Parepare terjebak dalam kota, Polres Parepare melalui Kasat Lantas, Iptu Adnan, memberikan rute rekayasa pengalihan arus kendaraan yang dapat di jadikan informasi arah jalan, yang dapat di lalui selama lomba berlangsung.

Berikut rute yang dapat di gunakan :
1. Dari arah Makassar :
– jl. Bau Massepe / jl. Mattirotasi – belok kanan ke jl. Abd. Kadir – belok kiri ke jl. H. Agussalim – belok kanan ke jl. Jend.A.Yani (tugu tunas kelapa) – lurus jl. Jend. A. Yani ( untuk arah ke kab. Sidrap) – ke jl. Pancamarga ( untuk arah ke kab. Pinrang)

2. Dari arah Kab. Sidrap
– jl. Jend. A. Yani hingga lampu merah KM.3 dan belok kiri ke jl. Jend. Sudirman sampai Kel. Sumpang minangae, belok kiri ke jl. Bau Massepe ke arah kab. Barru
– jl. Jend. A. Yani belok kanan ke jl. Industri kecil ke arah kab. Pinrang

3. Dari arah Kab. Pinrang :
– jl. H. A. M. Arsyad belok kiri ke jl. Lahalede, lurus ke jl. Guruh M. Amin, lurus ke jl. Samparaja, lurus ke jl. Pancamarga ke arah tugu tunas kelapa, belok kiri ke jl. Jend. A. Yani hingga lampu merah Km.2.
– lurus di jl. Jend. A. Yani ke arah kab. Sidrap
– belok kanan ke jl. Jend. Sudirman hingga Kel. Sumpang Minangae, belok kiri ke jl. Bau Massepe lurus ke arah kab. Barru.

Adnan Leppang katakan bahwa 3 rute pengalihan arus kendaraan tersebut di peruntukkan bagi warga pengguna kendaraan yang melintasi Kota Parepare dari arah ke Makassar menuju ke Sidrap atau ke Pinrang, begitu pula sebaliknya, dari arah Pinrang menuju ke Makassar, dan dari arah Sidrap menuju ke Makassar.

” Selama lomba berlangsung, dari pukul 19.30 wita, hingga selesai, bagi warga yang melintasi Kota Parepare, silahkan menggunakan rute yang telah kami berikan, sangat di sarankan untuk tidak mengambil arah masuk dalam kota Parepare “. Tutur Adnan.

Kasat Lantas juga menyampaikan khusus kepada para pengguna kendaraan dalam kota agar menghindari rute lomba gerak jalan.

” Silahkan menggunakan rute jalan lain agar tidak terjebak kemacetan, rute yang di gunakan peserta lomba gerak jalan itu padat dengan warga yang menonton, sehingga praktis jalanan tertutup dan tidak dapat digunakan oleh pengguna kendaraan, selama lomba berlangsung agar sebisa mungkin hindari rute lomba “. Pesan Adnan.

Berikut rute lomba gerak jalan dan Drumband tahun 2023, yaitu :

Start dilapangan A. Makkasau – lurus menuju ke arah Jl. Mesjid raya – berbelok arah ke Jl Sultan Hasanuddin, belok kanan menuju Jl. Lasinrang – berbelok ke arah Jl. Pelita – lurus ke arah Jl. A. Mappatola – belok kanan masuk ke Jl . Sulolipu – belok kiri ke arah Jl. Veteran, – lurus ke arah Jl. Karaeng Bura’ne, – Finish di Lap. A Makkasau.

Diketahui, Lomba ini akan berlangsung dari tanggal 12 Agustus s.d 15 Agustus 2023, dilaksanakan pada pukul 19.30 wita setelah usai shalat isya.(*/Supardi)

Loading...

Pos terkait

Comment