oleh

Amankan Natal Dan Tahun Baru, Polres Toraja Utara Gelar Apel Pasukan OPS Lilin 2021

CAKRAWALAINFO.COM – TORAJA UTARA |
Pada hari Kamis tanggal 23 November 2021 pukul 09.00 Wita bertempat di Lapangan Apel Polres Toraja Utara telah berlangsung Apel Gelar Pasukan OPS LILIN 2021 Polres Toraja Utara dengan tema ” Melalui apel gelar pasukan operasi Lilin 2021 Kita tingkatkan sinergi polri dengan instansi terkait, dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan natal 2021 dan tahun baru 2022 ”

Bertindak selaku Pimpinan Apel Bupati Toraja utara YOHANIS BASSANG, SE, M.SI,
Perwira Apel Kasat Lantas AKP Agussalim, S.H, Komandan Apel KBO Lantas IPDA Lawaru.

Hadir dalam giat tersebut dihadiri langsung
Kapolres Toraja Utara AKBP YUDHA WIRAJATI, SIK, MH, Kasdim 1414/Tator Mayor Inf. B. Selfinus Tangkelangi, Kacabjari Rantepao, PJU dan Perwira Polres Toraja Utara

Pasukan yang dilibatkan dalam Apel tersebut, 1 Pleton TNI Kodim 1414/ Tator, 1 Pleton gabungan Staf Polres Toraja Utara, 1 Pleton Sat. Samapta Polres Toraja Utara
1 Pleton Sat. Lantas Polres Toraja Utara, 1 Pleton gabungan Sat. Intelkam, Sat. Reskrim dan Satresnarkoba Polres Toraja Utara, 1 Pleton Satpol PP Pemda Toraja Utara dan 1 Pleton Dishub Pemda Toraja Utara

Adapun penekanan Kapolri Jendral Polisi Drs. LISTYO SIGIT PRABOWO, M.si. dalam sambutan seragam yang di bacakan oleh Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang, SE, M.Si selaku Inspektur dalam Apel tersebut antara lain :

“Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi “Lilin 2021″ dalam rangka pengamanan perayaan Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan Mitra kamtibmas lainnya.”

“Perayaan Natal dan Tahun Baru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata, yang akan meningkatkan aktifitas pada pusat keramaian.”

“Peningkatan aktifitas masyarakat ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas ,
Oleh karena itu , Polri menyelenggarakan Operasi Lilin – 2021 yang akan dilaksanakan selama 10 hari , mulai dari tanggal 24 Desember 2021 sampai dengan tanggal 2 Januari 2022 , dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis , serta penegakan hukum secara tegas dan profesional . Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid – 19 , sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman.”

“Dalam pelaksanaan pengamanan Natal dan Tahun Baru , Polri telah mempersiapkan 83.917 personel Polri , 15.842 personel TNI , serta 55.086 personel instansi terkait lainnya . Personel tersebut akan ditempatkan pada 1,607 pos pengamanan untuk melaksanakan pengamanan terkait gangguan kamtibmas dan, kamseltibcar lantas , dan 675 pos pelayanan untuk melaksanakan pengamanan di pusat keramaian , pusat belanja , stasiun , terminal , bandara , pelabuhan dll”.

“Pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa, sehingga menjadikan kita cenderung under estimate dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat, apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini, kita harus lebih peduli. Jangan sampai kegiatan perayaan Natal dan Tahun Baru menimbulkan klaster-klaster baru penyebaran Covid-19.”

Kapolres Toraja Utara AKBP Yudha Wirajati, S.ik, MH melalui Kasihumas Ipda Agus Martopo mengatakan bahwa dalam Ops Lilin 2021 ini, Polres Toraja Utara menerjunkan 155 personil yang terbagi di 3 Pos Pengamanan dan 4 Pos Pelayanan.

“3 Pos Pengamanan ditempatkan Perbatasan Kab Tana Toraja – Toraja Utara di Tadongkon, Pos Lantas Rantepao di Kandean dulang dan Perbatasan Palopo – Toraja Utara di Nanggala.”

“Sedangkan Lokasi Pos Pelayanan yakni di Obyek wisata Ke’te Kesu’ , Obyek Wisata Londa, Obyek wisata negri diatas awan Lempe dan Negri diatas awan To’Tombi Lolai.”

“Selain Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan juga dilakukan pengamanan di gereja-gereja yang melaksanakan perayaan dan ibadah Natal nantinya”

 

Laporan : Supardi

Loading...

Komentar

News Feed