oleh

TERIMA KASIH… Ada Cinta di Pertemuan Pertama

TERIMA KASIH… Ada Cinta di Pertemuan Pertama

Catatan: Farida Hanafing

Syukur kepada Allah atas taqdirnya sehingga kami menjadi pengurus Baznas Kab. Bone Sul Sel periode 2017 – 2022.

Hari – hari menjelang serah terima jabatan kepengurusan BAZNAS RI ke pengurus baru menjadi hari – hari yang agak berat buat kami. Ada banyak kenangan yang kami rasakan. Walau pertemuan secara fisik hanya beberapa kali di kegiatan Nasional dan Internasional.
Tetapi kualitas pertemuan yang menjadikannya sungguh bermakna.

ADA CINTA dipertemuan pertama. Kasih yang ditunjukkan adik – adik panitia kegiatan ternyata cerminan dari pimpinan yang penuh cinta kasih kepada kami pengurus Baznas se Indonesia.

Kami melihat visi BAZNAS “Menjadi pengelola zakat terbaik dan terpercaya di dunia” tercapai dengan nampak jelas di pertemuan tingkat global yang dihadiri oleh pengelola zakat dari berbagai negara, Baznas Indonesialah yang menjadi leader, menjadi penggerak.

Kemudian, membaca kembali MISI BAZNAS yang telah ditetapkan:
1. Mengkoordinasikan BAZNAS provinsi, BAZNAS kabupaten/kota, dan LAZ dalam mencapai target-target nasional.
2. Mengoptimalkan secara terukur pengumpulan zakat nasional.
3. Mengoptimalkan pendistribusian dan pendayagunaan zakat untuk pengentasan kemiskinan, peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan pemoderasian kesenjangan sosial.
4. Menerapkan sistem manajemen keuangan yang transparan dan akuntabel berbasis teknologi informasi dan komunikasi terkini.
Misi BAZNAS
5. Menerapkan sistem pelayanan prima kepada seluruh pemangku kepentingan zakat nasional.
6. Menggerakkan dakwah Islam untuk kebangkitan zakat nasional melalui sinergi ummat.
7. Terlibat aktif dan memimpin gerakan zakat dunia.
8. Mengarusutamakan zakat sebagai instrumen pembangunan menuju masyarakat yang adil dan makmur, baldatun thayyibatun wa rabbun ghafuur.
9. Mengembangkan kompetensi amil zakat yang unggul dan menjadi rujukan dunia

Setiap point yang telah ditetapkan tersebut kami rasakan implementasinya di lapangan. Jalur koordinasi antara Kabupaten/kota dengan Provinsi serta Pusat berjalan dengan baik. Hubungan dengan sesama lembaga zakat ditunjukkan dengan kehadiran mereka di setiap moment kegiatan pertemuan Baznas berskala provinsi, nasional maupun global.

Berbagai pelatihan untuk penguasaan sistem informasi managemen baznas telah berkali – kali dilaksanakan. Penguatan kapasitas amil yang berhubungan dengan pekerjaan juga terus dilaksanakan.

Program – program Nasional diturunkan sampai ke kabupaten untuk lebih memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.

Satu hal yang membuat kami kagum, bangga pada personal dari pengurus Baznas Pusat adalah nilai-nilai BAZNAS yang ditunjukkan dalam aktivitas kesehariannya. Kami merasakan itu ketika bertemu, ketika berbicara melalu telepon ataupun melalui chat wa. Apa yang telah dirumuskan, dilaksanakan dengan sepenuh hati. Nilai – nilai itu mencakup semua nilai luhur dan unggul Islami, di antaranya visioner, optimis, jujur, sabar
, amanah, keteladanan, profesional, perbaikan berkelanjutan, entrepreneurial, transformasional. Kesemua nilai itu yang hadir pada pribadi pengurus Baznas Pusat membuat kami sangat merasa kehilangan.

Terakhir, kami yang masih baru mendapatkan hadiah akhir tahun berupa Baznas Award untuk kategori pertumbuhan pengumpulan zakat. Kado istimewa bagi kami yang merasa masih jauh dan masih butuh terus belajar kepada pusat dan baznas kab/kota lainnya.

Semoga segala yang telah dilakukan di masa kepengurusan seluruh pengurus Baznas RI, menjadi amal jariyah yang terus mengalir.
Semoga kelak kita dipertemukan di tempat terbaikNya.

Selamat dan sukses selalu …
Pengabdian kepada bangsa dan negara akan terus dinantikan.

Dan kepada pengurus baru, kami ucapkan selamat atas terpilih dan pelantikannya. Semoga bisa memberi sumbangsih lebih dari pengurus sebelumnya. Walau jalan masih panjang, Insya Allah dengan bersama kita bisa. Semoga pandemi covid – 19 segera berlalu. Ditunggu gebrakannya untuk kemajuan pengelolaan zakat, infaq, sedekah, wakaf dan dskl di Indonesia.

Salam Baznas.

Loading...

Komentar

News Feed