oleh

Pemdes Pallantikang Gelar Pelatihan Kapasitas Aparat Dan BPD

CAKRAWALAINFO.COM – JENEPONTO | Pemerintah Desa pallantikang melakukan Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa dan BPD, Desa pallantikang Kecamatan Bangkala, kabupaten jeneponto, senin (14/12/20) bertempat diaula Kantor Desa pallantikang.

Hadir dalam kegiatan tersebut, kabid ekonomi DPMD Jeneponto, Supardi Mallarangeng, SE, MM, kasi pemerintahan kecamatan Bangkala, Baso Katti, kepala desa pallantikang, Hj, Saleha, DN, S, sos, tenaga Ahli P3MD jeneponto, pendamping Desa/ PLD sekecamatan Bangkala, Aparat desa dan seluruh BPD desa pallantikang.

Kegiatan tersebut dibuka oleh camat bangkala diwakili oleh kasi pemerintahan, Baso Katti, S,sos.

Dalam sambutannya, Baso Katti menjelaskan, bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan peran, tugas, dan fungsi kepala desa, aparat desa dan BPD sebagai mitra pemerintah desa.

Selain itu, BPD memiliki peran strategis bagi jalannya pemerintahan desa sehingga dapat meningkatkan kapasitas dan fungsi BPD sebagai pengawasan penyelenggaraan pemerintahan pada tingkat desa.

Ditambahkannya, bahwa BPD adalah mitra pemerintah desa yang harus bisa bersinergi dengan Kepala Desa dan aparatnya. Oleh karena itu, untuk dapat bersinergi dibutuhkan peningkatan kapasitas sebagai lembaga masyarakat yang ada di desa.

“BPD merupakan salah satu wadah atau tempat menyalurkan aspirasi bagi warga desa. Oleh karena itu, jika ada aspirasi warga, BPD harus segera menindaklanjuti demi menyelesaikan persoalan masyarakat  yang ada di desa, jelasnya Baso Katti,

Ditempat yang sama, Kabid Ekonomi DPMD, Supardi Mallarangeng mengatakan, pelatihan yang diselenggarakan dari Dinas pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DPMD) Kabupaten jeneponto untuk mensinergikan diantara para pemangku kepentingan di desa khususnya kepala desa dan BPD.

Selain itu, penyelenggaraan pemerintahan desa yang terpenting adalah bagaimana pemerintah desa mampu meningkatkan kesejahteraan desa dan mampu meningkatkan daya saing desanya, makanya penting dilakukan pelatihan setiap kepala desa dan BPD agar dapat meningkatkan manajemen pemerintahan desa, ungkap Supardi Mallarangeng.

Laporan: Iqbal

Loading...

Komentar

News Feed