oleh

Pasca Banjir, HIPPMAWA Serahkan Donasi ke Masyarakat Huntara

CAKRAWALAINFO.COM – KONAWE UTARA| Sepertinya peristiwa banjir masih merupakan momok yang cukup menakutkan oleh sebagian masyarakat di Kabupaten Konawe Utara ( Konut ) Provinsi Sulawesi Tenggara ( Sultra ), masih sangat terbayang dipikiran kita pada peristiwa banjir yang melanda wilayah tersebut pada tahun 2019 yang sempat menenggelamkan serta menghanyutkan ratusan rumah warga hingga tak meninggalkan sisa, tentunya hal tersebut masih menjadi trauma mendalam sampai hari ini.

Sementara kondisi saat ini Konut yang belum normal dalam penataan infrastruktur yang sempat rusak akibat banjir yang terbilang cukup besar pada tahun 2019 itu, hingga sempat menjadi isu nasional darurat banjir, kembali lagi Konut dilanda banjir bulan juni 2020 ini.

Akibat intensitas dan curah hujan yang cukup tinggi pada bulan juni tahun 2020 ini, banjir kembali merendam beberapa wilayah di Konawe Utara diantaranya Kecamatan Andowia, Asera, Oheo, Laggikima, Landawe, dan Wiwirano.

Hal tersebut pula yang mengharuskan masyarakat korban banjir tersebut untuk kembali menempati Hunian Sementara ( Huntara ) yang sebelumnya telah di persiapkan oleh Pemerintah Daerah ( Pemda ) agar bisa mengurangi beban akibat dampak banjir ini, berbagai macam upaya Pemda pun terus dilakukan untuk bisa membantu korban banjir, mulai mempersiapkan huntara, penerangan, bahan makanan, dan sebagainya.

Bukan hanya Pemda Konut serta unsur lainnya yang turut membantu beban masyarakat terdampak banjir 2020 ini sebagai wujud empati, sejumlah organisasi kepemudaan pun juga tidak mau tinggal diam, salah satunya hari ini 27/06/2020 Himpunan Pemuda Pelajar Mahasiswa Kecamatan Sawa ( HIPPMAWA ), juga kembali menyalurkan bantuan berupa pakaian layak pakai serta sembako kepada masyarakat Desa Puwanggudu Kecamatan Asera sebanyak 102 Kepala Keluarga ( KK ) terdampak banjir yang sudah dievakuasi dan berada di Huntara Desa Wanggudu Raya Kecamatan Asera, terlihat sejumlah anggota pemuda pemudi HIPPMAWA pun sibuk membantu.

Selaku ketua umum HIPPMAWA Muh. Almahendra Jasmin mengakui berbagai macam kendala saat pengumpulan donasi dari berbagai kalangan masyarakat khususnya yang berada di Kecamatan Sawa serta sumbangan anggota HIPPMAWA yang dimulai sejak hari rabu 24/06/2020 sampai pada hari jum’at 26/06/2020 yang terbilang cukup singkat.

Pasca Banjir, HIPPMAWA Serahkan Donasi ke Masyarakat Huntara“Sejumlah donasi tersebut kami dapatkan dan kumpulkan dari masyarakat Kecamatan Sawa serta sumbangan internal anggota HIPPMAWA, kemudian harus kami akui hujan sempat mengguyur saat kami berkeliling mengumpulkan donasi menggunakan mobil Pick Up ( Open Cup ), namun itu tidak menjadi kendala bagi kami ” katanya.

Demi kemaslahatan umat adalah sebuah kata yang menjadi penyemangat utama anggota HIPPMAWA dalam mengumpulkan donasi, sebab pengumpulan donasi peduli banjir Konut tersebut diakui Muh. Almahendra Jasmin bukan kali pertama dilakukan, melainkan kali kedua, karena pada tahun 2019 pun sudah pernah dilakukan.

” Biarpun hujan ikut mengguyur saat proses pengumpulan donasi demi kemaslahatan umat kami akan berusaha semampu kami, sebab kami yakin sebuah pepatah yang mengatakan akan ada pelangi setelah hujan badai, semua itu berangkat dari keprihatinan kami terhadap korban banjir yang berada di Huntara, karena kita tidak akan pernah sanggup memprediksi sampai seberapa lama mereka akan menempati huntara ” katanya.

Diakui Ketum HIPPMAWA sampai hari ini baru masyarakat Desa Puuwanggudu yang berada dihuntara yang sempat disambangi bersama anggotanya, ia akan terus lakukan pengumpulan donasi peduli korban banjir Konut, bahkan sampai hari ini, pihaknya pun berharap agar ada lagi lembaga kepemudaan yang turut serta membantu korban banjir konut, kemudiam permohonan maafnya kepada masyarakat yang belum sempat dikunjungi,

” Ia untuk saat ini kami menyalurkan bantuan pada korban banjir Desa Puuwanggudu Kecamatan Asera saja, sebab keterbatasan donasi merupakan kendala utama kami, namun itu tidak menjadi batas akhir pengumpulan donasi kami lakukan, karena sampai hari ini pun kami masih terus melakukan pengumpulan donasi dan membuka ruang kepada masyarakat yang sudi untuk membantu, kami berharap makin banyak lembaga kepemudaan yang sekiranya bisa bersama membantu saudara kita yang berada dihuntara Konut ” tutupnya.

Salah satu warga Desa Puuwanggudu yang berada di huntara mengucapkan rasa terima kasih kepada unsur pemuda pemudi Konawe Utara yang sampai hari ini masih memiliki rasa empati yang tinggi, karena sampai hari ini selain Pemda sudah ada dua unsur organisasi kepemudaan yang mengunjungi huntara tersebut, yang pertama Himpunan Pemuda Pelajar Mahasiswa Konawe Utara ( HIPPMA – KONUT ) dan yang kedua HIPPMAWA.

” Sampai hari ini selain bantuan dari Pemda, juga untuk generasi muda sudah ada dua organisasi kepemudaan yang menyalurkan bantuan berupa sembako di huntara Puuwanggudu ini, yaitu HIPPMA – KONUT dan HIPPMAWA, kami sangat berterima kasih serta sangat terbantukan atas apa yang telah diberikan ini ” ujar Gamina.

Laporan : Endran Lahuku, S.Hut

Loading...

Komentar

News Feed