oleh

Meriahkan HUT RI ke-76, Sejumlah Komunitas Pemuda Kibarkan Bendera di 2 Titik Wisata Sejarah di Bone

CAKRAWALAINFO.COM – BONE: Kepala Dinas Pariwisata Bone Andi Promal Pawi bersama Ketua HIPMI Bone H. Bahtiar, serta beberapa Komunitas Pemuda Menghadiri pengibaran bendera merah putih di dua titik Kawasan wisata sejarah Cempalagi, Minggu 15 Agustus 2021.

Gelaran tersebut dalam rangka memeriahkan hari proklamasi ke-76 tahun yang diselenggarakan oleh Komunitas Kita Ini Sahabat (KIS) bersama Sahabat 88 Foundation dan melibatkan komunitas pemuda dari Relawan Berani Donor Darah Bone (BDDB), Karang Taruna Assingkerukeng’e, Forum Merah Putih, Poltek Perikanan dan Kelautan, Paskibra Sekolah SMK 5 Bone dan Komunitas Bone Mabbaca (Boba).

Upacara pengibaran bendera Merah Putih di gelar di pasir putih (gusung) cempalagi dan di dalam goa janji. Tempat tersebut merupkan lokasi bersejarah, tempat persinggahan Raja Bone ke-15, Arung Palakka, sebelum berangkat ke Buton dan Pulau Jawa.

Ketua HIPMI Bone, H. Bahtiar sangat mengapresiasi acara yang menyatukan berbagai kalangan komunitas dan menumbuh kembangkan rasa nasionalisme terhadap negara.

“Saya salut dengan penyelenggara yang bisa menyatukan beberapa komunitas yang bisa menumbuhkembangkan rasa nasionalisme” ujar H.Bahtiar.

Sementara Kadis Pariwisata Bone, Andi Promal Pawi, berharap agar di tengah pandemi COVID-19 kita tidak menyurutkan rasa cinta terhadap bangsa dan negara, dan menjadikan kegiatan pengibaran bendera tersebut menjadi agenda tahunan yang bisa turut mempromosikan wisata sejarah cempalagi.

“Dalam catatan sejarah di bukit inilah Arung Palakka menyatakan sumpah membebaskan rakyat Bone dan Bugis pada umumnya dalam cengkeraman penjajahan negeri lainnya., sehingga ini juga bisa menjadi ajang promosi objek wisata sejarah cempalagi” ujar Promal Pawi.

Kordinator acara, Zainal mengatakan, pengibaran bendera Merah Putih ini bertujuan untuk merasakan arti kemerdekaan dengan suasana tenang di tengah pandemi Covid-19.

“Kami tetap mengangkat tema, Indonesia tangguh, Indonesia tumbuh, sehingga objek wisata cempalagi tumbuh dan terpromosikan melalui kegiatan seperti ini” kata Zainal

Sebelum dikibarkan, pengibar bendera menerima bendera dari Kadis Pariwisata Bone. Suasana khidmat terasa ketika para peserta upacara menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Laporan: Ani Hammer

Loading...

Komentar

News Feed