oleh

KIM Desa Mallari Dibekali Pelatihan Jurnalistik dan Kehumasan

CAKRAWALAINFO.COM – BONE | Untuk meningkatkan kompetensi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Desa Mallari Kecamatan Awangpone, Pemerintah Desa Mallari menggandeng Dinas Kominfo dan Persandian Kab.Bone memberi pemahaman dan melatih kelompok masyarakat tersebut dengan pelatihan jurnalistik dan kehumasan.

Pelatihan tersebut diikuti puluhan pengurus KIM yang terdiri dari kepala dusun (kadus), tokoh pemuda, tokoh perempuan serta difabel, yang dilaksanakan di Balai Pertemuan Desa Mallari, Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone, Selasa (27/4/2021).

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Kepala Desa Mallari, A.Wahyuli digelar dua sesi, yaitu materi pengantar peran dan fungsi KIM yang dibawakan dari Dinas Kominfo dan Persandian Kab.Bone, kemudian pelatihan jurnalisme dan kehumasan dibawakan dari akademisi/praktisi.

“Pelatihan ini untuk meningkatkan nilai tambah bagi masyarakat melalui pendayagunaan kelompok informasi dalam rangka mencapai masyarakat informasi yang sejahtera dan lebih maju. Pengurus KIM diajari menulis berita,” Ujar A.Wahyuli.

Tak tanggung-tanggung, Pemerintah Desa menghadirkan praktisi media sekaligus akademisi, Zainal, dari media Bonepos.com yang juga Kepala LPPL Radio Suara Bone Beradat, untuk memberikan materi menulis jurnalistik. Dalam materinya, Zainal menjelaskan kerja-kerja KIM sama dengan aktivitas jurnalistik. Dia juga menjelaskan tentang 5W + 1H dalam penulisan berita.

“Kami berharap, para pengurus KIM mampu mengolah informasi menjadi berita dan menyebarluaskan berita melalui media sosial maupun media massa. Tentunya kemitraan dengan insan pers sangat dibutuhkan dan keterampilan mengelola web desa menjadi kunci keterbukaan infomasi masyarakat” ungkap zainal.

Laporan: Ani Hammer

Loading...

Komentar

News Feed