oleh

Kelompok kerja Rehabilitasi Lapas Kelas IIA Watampone menggelar kegiatan Recreational Hours

CAKRAWALAINFO.COM – BONE | Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Watampone sebagai salah satu penyelenggara rehabilitasi narkoba bagi Warga Binaan Pemasyarakatan.

Dimana salah satu tujuan rehabilitasi bagi pecandu narkoba adalah memulihkan atau mengembangkan kemampuan fisik, mental, dan sosial penderita yang bersangkutan.
Selain untuk memulihkan, rehabilitasi juga sebagai pengobatan atau perawatan bagi para pecandu narkoba, agar para pecandu dapat sembuh dari kecanduannya terhadap narkotika.

Pemulihan mental yang dilakukan dalam bentuk rehabilitasi sosial dilakukan dengan mengisi waktu WBP dengan beragam kegiatan positif baik fisik mental dan spiritual dari WBP.

Namun tak berkutat pada hal itu saja para WBP peserta rehab yang disebut dengan residen juga diberi kesempatan untuk mengikuti momen bersantai namun tetap di isi dengan kegiatan positif yang disebut recreational hours.

Sama halnya pada malam ini, kelompok kerja rehabilitasi Lapas Watampone menggelar kegiatan Recreational Hours bagi para residen rehabilitasi yang berjumlah 30 orang.

Recreational hours yang dikemas dalam kegiatan nonton bareng sengaja digelar yang bertujuan untuk mereduksi stress para residen.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Watampone, Sudirman Zainuddin mengatakan
Apa yang kita lakukan malam ini menjadi salah satu bagian dari program rehabilitasi kita mencoba untuk meminimalisir tingkat kejenuhan para peserta dari aktivitas mereka yang padat akan kegiatan.

Lebih jauh Sudirman mengatakan kegiatan ini kita laksanakan tetap memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, selain itu untuk keamanan kita juga menambah personel yang bertugas yang berasal dari staf sekaligus mereka juga tergabung dalam kelompok atau tim kerja penyelenggara rehabilitasi.

Tentunya recreational hours hadir untuk mendukung lebih berjalan baik dan optimalnya program rehabilitasi sosial yang ada pada Lapas Kelas IIA Watampone.

Bersamaan dengan ini Sudirman juga mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada para residen serta tim pokja rehabilitasi, ia juga berpesan kepada para residen agar kiranya perubahan perilaku jangan hanya pada saat menjalani rawatan rehabilitasi akan tetapi setelah menjalani rehab kiranya dapat menjadi tauladan bagi WBP yang lain.

Film Hijrah Cinta menemani gelaran recreational hours kali ini, film tersebut sengaja dipilih oleh panitia, karena di film ini bercerita tentang biografi almarhum Ustadz Jefri Al Buchori alias Uje yang dikenal sebagai seorang ustad , yang sempat dimasa muda beliau juga terjerumus dalam dunia narkoba, diharapkan dengan film ini dapat menjadi motivasi dalam perubahan para residen hingga sembuh dari kecanduannya terhadap narkoba.

Laporan: Ani Hammer

Loading...

Komentar

News Feed