oleh

BAZNAS Bone Bersama UPZ Polres Bone Disribusikan Zakat di Dua Desa di Tellu Limpoe

CAKRAWALAINFO.COM – BONE | Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Bone bersama Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Polres Bone kembali melaksankanan amanah Muzakkih dalam pendistribusian zakat atau bantuan social kepada yang berhak menerima atau yang sering disebut Mustahiq.

Kegiatan distribusi paket bantuan kali ini dilaksanakan di pelosok ujung barat Kabupaten Bone, tepatnya di Desa Tondong dan Desa Bontomasunggu Kecamatan Tellu Limpoe yang berbatasan langsung dengan tiga daerah tetangga, Kabupaten Barru, Kabupaten Pangkep dan Kabupaten Maros.

Rombongan Baznas Kabupaten Bone dan UPZ Polres Bone tiba di lokasi Desa Tondong dan Desa Bontomasunggu setelah rombongan menempuh perjalanan sekitar 218 KM dari kota Bone dengan melewati bukit pegunungan dari desa ke bukit desa yang lain dengan beberapa ruas jalan yang belum pernah sentuh aspal sama sekali, kecuali tanah, kerikil dan bebatuan dengan melintasi dua daerah untuk tembus di desa tersebut, daerah Barru dan Daerah Pangkep.

Dengan menempuh medan yang lumayan jauh, rombongan Baznas Kabupaten dan UPZ Polres Bone yang dipimpin oleh Wakil Ketua 2 Bidang Pendistribusian Dr.Hj.Hukmiah Husain,LC.,M.Ag. bersama Wakil Ketua 1 Bidang Pengumpulan Hj.Farida Hanafing,ST., UPZ Polres Bone Aipda Adrianto dan Aipda Sulaeman, serta rombongan disambut langsung oleh Kapolsek Tellu Limpoe Ipda Kamaluddin,S.H. dan Kepala Desa Tondong Ardi M.,S.Pd bersama tokoh masyarakat di Masjid Jami Tondong. Sabtu 12/06/2021.

Pada kesempatan tersebut, Tim Baznas dan UPZ melaksanakan pembagian paket konsumtif secara langsung, paket stunting untuk balita, paket produktif bagi pelaku usaha kecil, dan karpet sajadah kepada Pengurus Masjid Tondong, serta penyerahan dilaksanakan secara bersama oleh rombongan dan pemerintah setempat kepada yang berhak merima berdasarkan data dari Bhabinkamtibmas Aiptu Azis. B

Acara di Desa Tondong selesai, rombongan bergeser ke Desa Bontomasunggu, desa yang dikenal dengan surga tersebunyi karena kaya destinasi wisata air terjun yang menggiurkan ketika dipandang dari jauh. Rombongan Baznas bersama UPZ disambut langsung oleh Kepala Desa Bontomasunggu Nadjamuddin bersama para tokoh agama, pemuda dan masyarakat setempat, meskipun dalam suasana gerimis dan waktu sudah menjelang petang, mereka tetat semangat dan penuh suka cita menyambut kehadiran rombongan Baznas dan UPZ Polres Bone dengan pengawalan personel Polsek Tellu Limpoe yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Ipda Kamaluddin,S.H.

Penyerahan paket bantuan dilaksanakan di aula Kantor Desa Bontomasunggu dengan paket yang sama di desa sebelumnya, namun karena kegiatan belum selesai dengan beberapa kegiatan tambahan berupa lomba mengambar untuk anak sekolah dini, dan waktu sudah hampir masuk waktu magrib, Tim Baznas Kabupaten Bone bersama UPZ Polres Bone melanjutkan kegiatan esok hari dengan bermalam di bukit gunung Dusun Tokella dengan pemandangan yang begitu indah, cuaca yang dingin yang sangat menarik untuk dikunjungi untuk berlibur.

Memasuki hari kedua Ahad 13 Juni 2021, sebelum melaksanakan acara yang telah direncanakan Baznas Kabupaten Bone bersama dengan Pemerintah Desa Bontomasunggu, para pemuda pemudi tangguh Baznas dan UPZ meluangkan waktu mengunjungi salah satu destinasi wisata air terjun yang ada, air terjun Tokella dengan melewati area persawahan dan senyuman para petani yang sedang memetik hasil tanaman kacang tanah yang bagian dari salah satu pencarian utama masyarakat setempat.

Waktu sudah menunjukkan pukul 09.30 wita. Acara lomba menggambar dengan menghadirkan anak-anak setempat dimulai, dengan semangat antusias anak-anak dan beberapa orang tua juga ikut menyaksikan sampai berakhirnya acara di Masjid Al Mujahidin, maka Tim Baznas bersama UPS menyerahkan paket kelengkapan sekolah kepada seluruh anak-anak yang hadir dan dilanjutkan acara penyerahan karpet masjid, mushaf al Qur’an, dana pembangunan tempat wudhu dan WC masjid.

Wakil Ketua 2 Baznas Kabupaten Bone menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah memberikan kepecayaan Baznas Kabupaten Bone dalam menyalurkan zakatnya dan kepada pemerintah Desa Tondong dan Desa Bontomasunggu bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat atas kesediaan menerima rombongan Baznas dan UPZ berbagi.

“kami selaku Komisioner Baznas Kabupaten Bone mengucapkan banyak terima kasih kepada masyakarat, dan mitra UPZ Polres Bone bersama personel Polsek Tellu Limpoe atas kepercayaan yang diberikan kepada kami dalam menyalurkan zakatnya, termasuk infaq, dan shadaqah,” tutur Dr.Hukmiah

Di tempat terpisah, Kapolres Bone AKBP Try Handako Wijaya Putra,S.IK. selaku Ketua UPZ Polres Bone juga menyampaikan bahwa kegiatan Baznas Kabupaten Bone dan UPZ Polres Bone merupakan mitra dalam membangun kepedulian social dan amalan agama dalam menunaikan kewajiban sebagai ummat Islam yakni bayar zakat dan sekaligus sinergitas yang erat dalam rangka Hari Bhayangkara Ke 75 Tahun 2021.

“Hari Bhayangkara Ke-75 tinggal beberapa hari lagi, saya Kapolres Bone sekaligus sebagai Ketua UPZ Pengurus Polres menyampaikan terima kasih kepada seluruh personel yang aktif membayar zakat sebagai kewajiban bagi kita semua, khususnya yang beragama Islam. Baznas dan UPZ Polres Bone merupakan mitra yang Insyaa Allah tak diragukan lagi dalam menjalankan amanah pengumpulan dan penyaluran kepada mustahiq. Dengan momentum dalam rangka Hari Bhayangkara Ke-75 sinergitas Baznas dengan UPZ Polres terus berkarya tanpa batas dalam aksi social sebagai wujud nilai amala agama,” jelas Try Handako

Laporan: Ani Hammer

Loading...

Komentar

News Feed