oleh

Wujudkan Cintanya ke Bumi Arung Palakka, Kapolres Pangkep Inisiasi Pemugaran Makam Raja Bone ke-14

CAKRAWALAINFO.COM – PANGKEP: Mantan Kapolres Bone yang kini menjabat sebagai Kapolres Pangkep AKBP Try Handako Wijaya putra mewujudkan cinta kepada daerah berjuluk Bumi Arung Palakka dengan menginisiasi pemugaran Makam Raja Bone ke-14 La Tenriaji Arungpone Matinroe Ri Pangkep atau La Tenriaji To Senrima, Petta Pasempe Matinro Ri Siang.

Lokasi pemugaran makam raja bone ke-14, La Tenriaji Arungpone Matinroe Ri Pangkep atau La Tenriaji To Senrima, Petta Pasempe Matinro Ri Siang terletak di Kampung Siang, Kelurahan Boriappaka Kecamatan Bungoro.

Gelaran ini terealisasi atas kerja sama Pemerintah Kabupaten Pangkep bersama Pemerintah Kabupaten Bone.

Bupati Pangkep H. Muhammad Yusran Lalogau bersama Kapolres Pangkep AKBP Try Handako Wijaya Putra hadir langsung pada proses pemugaran makam raja Bone ke-14 dengan memakai batu marmer yang banyak terdapat di daerah Pangkep..

Prosesi pemugaran dimulai dengan pelaksanaan upacara ritual sebagai permohonan agar kegiatan bisa berjalan sesuai yang diharapkan.

Upacara ritual ini dipimpin langsung Bissu Puang Matoa Ancu didampingi lima orang bissu dari Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan.

Menanggapi hal itu, Kapolres Pangkep, AKBP Try Handako Wijaya Putra mengemukakan, apa yang dilakukan ini sebagai bentuk perhatian pelestarian cagar budaya.

Dikatakan Try Handako, di dalam dirinya mengalir darah Bone. Walaupun dirinya lahir di Palembang dan besar di Kota Surabaya.

“Apa yang kita lakukan ini bukan semata untuk generasi saat ini, melainkan agar generasi selanjutnya bisa memahami tentang sejarah,” tutur lelaki yang memiliki senyuman khas ini)

Laporan: Ani Hammer

Loading...

Komentar

News Feed