oleh

Wakil Bupati Bone buka pelatihan dan bimtek Jurnalistik untuk PGRI cabang Bone, Wajo dan Soppeng

CAKRAWALAINFO.COM – BONE | Wakil Bupati Bone Drs. H. Ambo Dalle, M.M. yang juga selaku Ketua PGRI Kabupaten Bone membuka Pelatihan dan Bimbingan Teknis Jurnalistik Bagi pengurus Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Cabang Bone, Wajo, dan Soppeng, di Hotel Sarlim, Watampone, Rabu, 28 Juli 2021.

Kegiatan pelatihan jurnalistik ini adalah inisiasi dan kerja sama PGRI Provinsi Sulawesi Selatan, Ketua Bidang Komunikasi dan Informasi PGRI Kabupaten.

Jurnalistik merupakan bentuk komunikasi dari media massa, sedangkan pers adalah media tempat jurnalistik itu disalurkan.

Jurnalistik berupa hasil kegiatan pengolahan informasi yang akan disampaikan berupa berita, reportase dan opini, sedangkan pers berupa surat kabar, majalah, radio, atau televisi.

Wartawan atau jurnalis adalah seorang yang melakukan jurnalisme, yaitu orang yang secara teratur menuliskan berita berupa laporan dan tulisannya dikirimkan/dimuat di media massa secara teratur untuk disampaikan kepada masyarakat.

Jurnalis merupakan sebuah profesi dan setiap profesi pasti mempunyai etika, profesi jurnalis diatur oleh kode etik jurnalistik yang memuat aturan-aturan yang dibentuk dari norma dan nilai yang ada serta menurut undang-undang yang ada di Indonesia.

Wakil Bupati Bone mengatakan, tantangan pengurus PGRI mulai dari tingkat ranting sampai pada kepengurusan PB PGRI, yaitu butuh akselerasi jangkauan informasi terkait hal-hal yang berhubungan dengan keberadaannya sebagai organisasi profesi.

“Terutama dalam mengawal kapasitas dan kompetensi layanan kesejahteraan dan perlindungan terhadap hak-hak guru” tuturnya.

Oleh karena itu, pengurus PGRI Provinsi Sulawesi Selatan melaksanakan kegiatan Pelatihan Jurnalistik bagi pengurus PGRI Kabupaten Zona Wilayah Bosowa, yakni Bone, Wajo, dan Soppeng. Di mana Bone sebagai tuan rumah.

Dalam pelatihan jurnalistik kali ini para peserta mendapatkan materi berupa teknik menulis ilmiah populer di media, dan Dasar-dasar Jurnalistik.

Laporan: Ani Hammer

Loading...

Komentar

News Feed