oleh

Ubah Pola Pikir Nelayan, DPC HNSI Bone Bekali Nelayan Bone Mengikuti Diklat Kepelautan BST KLM dan SKK 60 Mill

CAKRAWALAINFO.COM – BONE|  Dalam rangka mengubah pola pikir/mindset Nelayan agar lebih maju, Pengurus Dewan Pengurus Cabang Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (DPC HNSI) Kabupaten Bone, membekali para nelayan mengikuti Diklat BST KLM (Dasar-dasar Keselamatan Kapal Tradisional) dan SKK 60 Mill (Kecakapan Kapal Tradisional).

Pada pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Kepelautan BST KLM dan SKK 60 Mill untuk Nelayan Bone selama 3 tahun kedepan.

Kegiatan ini berlangsung selama 6 hari, mulai tanggal 7-12 Februari yang dilaksanakan di Hotel Sarlim,
Jl Dr.Wahidin Sudirohusodo.

Pada kesempatan tersebut. Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) yang diikuti para nelayan Bone tersebar di 10 kecamatan pantai. Berkat inisiasi dari Kampus Politeknik ilmu Pelayaran (PIP) Makassar.

Bahkan, Diklat BST dan SKK 60 Mill juga dirangkaikan dengan penandatangan kesepakatan (MoU) antara DPC HNSI Bone dengan Direktur PIP Makassar diwakili pejabatnya Capt. Rosani, S.Si.T,.M.Mar.

Ketua DPC HNSI Bone
Muhammad Ilyas, SH mengatakan perlu ada peningkatan kompetensi keahlian yang dimiliki para nelayan agar kedepannya bisa sejahtera usai mengikuti Diklat yang dilaksanakan oleh PIP Makassar.

“Secara kelembagaan DPC HNSI Bone tetap berjuang membantu masalah yang rumit seperti pengurusan dokumen kapal, BPJS Ketenagakerjaan, dan lain-lain,” katanya
Minggu, (13/2/2022).

Sementara itu, Ketua Panitia Lokal Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Bone, Muh Rijal Kasim mengharapkan semoga dengan perjanjian kerjasama tersebut nelayan Bone bisa lebih meningkat kompetensi keahlian sehingga dapat beroperasi di laut lebih baik lagi, serta ekonomi rumah tangga mereka lebih sejahtera dan pola pikir (mindset) lebih maju.

Sekedar diketahui, pada Diklat Pemberdayaan Masyarakat ini juga t
dihadiri para Dosen PIP Makassar beserta stafnya, Nelayan peserta Diklat, dan Sekretaris DPC HNSI Bone, Muh Rijal Kasim, S.Pi, M.Si. (*)

Laporan: Ani Hammer

Loading...

Komentar

News Feed