Save The Children dan Jemari Sakato Menggelar Training Of Trainer SPAB di SD Negeri 16 Talamau

CAKRAWALAINFO.COM – PASAMAN BARAT | Save The Children dan Jemari Sakato menggelar kegiatan Training Of Trainer Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) yang dilaksanakan di SD Negeri 16 Talamau, pada 29 Juni, 1 Juli dan 4 Juli 2022 yang dihadiri oleh perwakilan guru sekolah SD dan SMP yang berada di Kecamatan Talamau.

Perwakilan Jemari Sakato untuk kegiatan SPAB di Pasaman Barat, Cakra Haji menyampaikan kegiatan ini diharapkan melahirkan dokumen tertulis berupa standar prosedur yang dapat dilakukan oleh sekolah pada kejadian bencana alam.

Standar Prosedur dimaksud adalah prosedur upaya kesiapsiagaan terhadap bencana alam sehingga kemungkinan korban bencana lebih sedikit, dan apa apa yang dapat dilakukan sekolah pasca bencana sehingga hak layanan terhadap anak anak (peserta didik) dapat diberikan,jelas Cakra Haji.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Pasbar Agusli menyampaikan ucapan terimakasih kepada tim Jemari Sakato dan Save The Children yang mengangkat kegiatan TOT Satuan Pendidikan Aman Bencana.

Selanjutnya Agusli juga mengingatkan kepada peserta kegiatan Training of Trainèr bahwa bencana alam sangat sulit diprediksi kapan akan terjadi, dimana, dan sebesar apa akibatnya.

Dalam rangka upaya meminimalisir korban bencana, maka output kegiatan ini sangat bermanfaat buat kita bersama, selanjutnya diminta agar peserta mengikuti kegiatan dengan baik sehingga berjalan efektif, ungkap Agusli.

Kemudian, lanjutnya yang lebih penting adalah agar SOP yang disusun bersama narasumber, nantinya dapat disosialisasikan ke sekolah sekolah di Pasbar, sehingga dapat diterapkan jika terjadi musibah bencana alam.

Laporan: Zul Efendri

Loading...

Pos terkait

Comment