oleh

Puncak Peringatan Hari Bahasa Arab Sedunia, Sekretaris Prodi PBA IAIN Bone Sampaikan Ini

CAKRAWALAINFO.COM – BONE | Puncak peringatan hari bahasa Arab se-dunia yang dilaksanakan atas kerjasama HMPS/Prodi PB IAIN Bone dan PC IMLA Bone berlangsung semarak.

Kegiatan yang setiap tahunnya diperingati pada tanggal 18 Desember tersebut, dilakukan di Aula Lantai IV Fakultas Tarbiyah yang biasa juga dikenal dengan gedung Songkok Recca’, Sabtu, (18/12/2021).

Seperti sebelumnya diinfokan bahwa pada acara puncak peringatan hari bahasa dunia dilaksanakan seminar pendidikan terkait kita jitu lanjut studi S2/S3 dengan beasiswa LPDP.

Syamsu Alam, alumni Prodi PBA IAIN Bone Tahun 2013 yang memperoleh beasiswa LPDP pada S3 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, sebagai pembicara pertama mengemukakan perlunya mempersiapkan diri dengan baik untuk mendaftar beasiswa LPDP yang salah satu diantaranya adalah mempertajam visi dari kontribusi yang akan diberikan pada bangsa dan negara apabila terpilih nantinya sebagai awardee LPDP.

“Beasiswa bergengsi yang dikelola Kementerian Keuangan ini tidak hanya fokus pada kemampuan intelektual calon awardee tapi poin yang tidak kalah penting dari itu adalah awardee hendaknya dapat memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara”.ungkapnya

Hal yang sama juga dikemukakan oleh pemantik kedua Mawaddah Hudri, alumni Prodi PBA IAIN Bone Tahun 2016 yang memperoleh beasiswa LPDP pada S2 Universitas Pendidikan Indonesia Bandung. Ia membagi trik kepada calon pendaftar penerima beasiswa LPDP nantinya, bahwa jalur afirmasi adalah salah satu jalan yang memberikan akses lebih besar dalam memperoleh beasiswa LPDP.

Pada kesempatan ini juga dirangkaikan dengan penutupan kegiatan Festival Arabic dan Arabic Got Talent 2021.
Keluar sebagai untuk kategori Tingkat SMA, Juara Umum adalah MAN 2 Watampone dengan raihan medali terbanyak dari cabang lomba qasidah, Lagu berbahasa Arab, pidato bahasa Arab, serta MTQ.

Sementara Untuk kategori mahasiswa pada Arabic Got Talent mahasiswa PBA angkatan 2020 kelompok 3 menjadi juara umum setelah menyabet medali terbanyak dari cabang lomba cerdas cermat bahasa Arab, pidato bahasa Arab, lagu berbahasa Arab, puitisasi syair Arab, serta short movie berbahasa Arab.

Hastang, Sekretaris Prodi PBA IAIN Bone, mengemukakan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh HMPS PBA ini sangat bernilai konstruktif dalam membangun kerjasama dengan guru-guru dan para siswa (i) madrasah aliyah se-Kabupaten Bone yang menjadi peserta pada Festival Arabic.

“Mudah-mudahan kegiatan ini juga dapat menjadi awal yang baik dalam membangun kerjasama antar lembaga pendidikan dalam mewujudkan generasi yang mencintai bahasa Arab”, harapnya.

Harapan yang sama juga ditujukan pada para mahasiswa (i) Prodi PBA IAIN Bone dapat membangun semangat persaudaraan dan kebersamaan dalam mengembangkan bahasa Arab sebagai bahasa Al-Qur’an dan bahasa dunia internasional.

Laporan: Ani Hammer

Loading...

Komentar

News Feed