oleh

Politeknik Kelautan Dan Perikanan Lakukan Pengabdian Masyarakat di Dua Desa 

CAKRAWALAINFO.COM – BONE | Politeknik Kelautan dan Perikanan melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat (PKM) di desa Desa Pattiro, Kecamatan Mare dan Desa Panyiwi, Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone, Jumat (27/08/2021)

Dalam kegiatan tersebut melibatkan para taruna-taruni yang berasal dari program studi Teknologi Penangkapan Ikan, Budidaya Perikanan dan Kelautan, yang bertujuan sebagai sarana belajar dan berlatih.

Direktur Poltek KP Bone, Ani Leilani mengatakan Kedua desa tersebut merupakan Desa Mitra Politeknik Kelautan dan Perikanan Bone.

Lebih lanjut, Ani Leilani menjelaskan, pengabdian masyarakat untuk program studi Teknologi Penangkapan Ikan di Dusun Batu Lepang Desa Pattiro Kecamatan Mare, kita mengusung tema “Menuju Kampung Gurita dengan Pemanfaatan Lampu Celup dalam Air (Lacuda) penangkapan Gurita dan Cumi-cumi”.

“Teknologi Lacuda merupakan hasil penelitian Dosen Prodi TPI yang akan diujicobakan pada masyarakat nelayan.

Dalam kegiatan desiminasi, disampaikan prinsip kerja Lacuda serta simulasi perakitannya. Pada akhir kegiatan, lampu untuk perakitan Lacuda dibagikan kepada nelayan untuk diuji coba dan pada kesempatan selanjutnya akan dievaluasi,” jelasnya dalam keterangannya Minggu, (29/08/2021).

Ditambahkan, Direktur Poltek KP Bone, sedangkah program studi kelautan juga melakukan pengabdian melalui pelatihan teknik transplantasi karang.

“Metode transplantasi karang menggunakan Web Spider sebagai hasil penelitian dosen untuk jadikan sebagai media Coral Garden atau rumah ikan di perairan Teluk Bone yang telah dijadikan titik lokasi bagian kegiatan konservasi yang melibatkan masyarakat bersama penyuluh. Dalam kegiatan tahap awal pengabdian ini dilakukan perakitan rangka spider bersama masyarakat,” bebernya.

Sementara itu, di lokasi berbeda, yakni di Desa Panyiwi Kecamatan Cenrana, para Dosen Prodi Budidaya Perikanan juga melakukan kegiatan yang sama yang diawali dengan sosialisasi peningkatan kapasitas masyarakat dalam budidaya udang vaname secara tradisional dan budidaya kepiting bakau dengan teknologi budidaya “pinggan seri”.

“Peningkatan budidaya itu merupakan hasil penelitian Dosen Prodi Teknologi Budidaya Perikanan. Sosialisasi akan dilanjutkan dengan kegiatan pendampingan budidaya mulai dari tahap persiapan hingga panen,” sambungnya.

Direktur Politeknik KP Bone, Ani Leilani mengharapkan kegiatan pengabdian ini dapat membantu kelompok nelayan untuk meningkatkan produksi serta memberdayakan kelompok nelayan maupun pembudidaya.

Laporan: Ani Hammer

Loading...

Komentar

News Feed