oleh

Pastikan Kelayakan Rescue, Direktorat TSDP Periksa 5 Kapal Feri di Pelabuhan Bajoe

CAKRAWALAINFO.COMBONE: Direktorat TSDP (Transportasi sungai Danu dan penyebrangan) di dampingi Balai pengelola Transportasi Darat Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat wilayah 19, melakukan pemeriksaan terhadap alat transportasi untuk memastikan Kelayakan rescue, kenyamanan dan kelengkapan surat-surat yang masih berlaku, di Pelabuhan Bajoe, Kelurahan Bajoe, Kecamatan tanete Riattang Timur, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan 8/12/2019

Pemeriksaan ini dilakukan untuk memastikan bahwa kapal penyebrangan jenis Roro Passenger atau lebih di kenal dengan kapal feri ini terpenuhi dengan baik, serta Pemeriksaan ini di lakukan secara berjenjang mulai dari Sistem Safety, Security, Dokumen kapal, serta alat Komunikasi dan Radio.

BACA JUGA: Jelang Natal dan Tahun baru, Pekerjaan jalan di Kota Watampone dipercepat pengerjaannya

Pemeriksaan ini juga untuk memastikan keselamatan masyarakat yang akan menggunakan transportasi ini menjelang natal dan tahun baru 2020.

Kapten kapal beserta awak kapal yang bertugas memperaktekan serta menjelaskan cara penggunaan Life Jacket ketika terjadi kondisi-kondisi emergensi darurat.

Life Jacket ini sudah berstandar solast, yang mana bahannya sendiri dan spesifikasinya sudah di tetatpkan secara internasional, serta dilengkapi dengan pluit serta lampu emergensi yang akan menyala secara otomatis ketika berada di dalam air.

BACA JUGA: Lagi, Warga Gowa tewas seketika Usai di Sambar Petir di Persawahan

Direktorat TSDP melakukan pemeriksaan terhadap kapal penyebrangan sebanyak 7 (tujuh) kapal, namun pada saat pemeriksaan hanya 5 (lima) kapal yang di periksa di karenakan 2 (dua) kapal tersebut masih melakukan proses Doking tahunan di galangan.

Hasil pemeriksaan dari kelima kapal bersifat minor dan harus di tindak lanjuti sebelum memberikan ijin pengoperasian terhadap kapal tersebut, seperti masalah safety dan standar pelayanan minimal yang sudah di atur dalam kementerian perhubungan.

Muhammad Fahmi Direktorat TSDP, Direktorat Jendral Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan Jakarta yang di konfirmasi pada saat pemeriksaan mengatakan, “Pemeriksaan ini dilakukan untuk memastikan kapal penyeberangan ini harus berkeselamatan, untuk menunjang kegiatan angkutan natal dan menyongsong tahun baru 2020.

BACA JUGA: Bupati Bone rela dana operasionalnya di Pangkas Demi Pembangunan Infrastruktur

Kegiatan ini di laksanakan untuk menindak lanjuti alat transportasi kapal penyebrangan agar layak di gunakan, serta memastikan Kelayakan rescue, kenyamanan dan kelengkapan surat-surat yang masih berlaku.” Ujarnya

Laporan: Ani Hammer

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed