oleh

Optimalkan Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, POLTEK KP Bone Gelar Pengabdian Masyarakat

CAKRAWALAINFO.COM – BONE | Dalam rangka meningkatkan pemanfaatan sumberdaya perikanan secara optimal, agar menambah nilai tambah dalam suatu produk yang bisa menguntungkan, Tenaga Pendidik Prodi Budidaya Perikanan, Politeknik Kelautan dan Perikanan (Poltek KP) Bone menggelar kegiatan pengabdian masyarakat, yang dilaksanakan di Dusun Ancee, Desa Panyiwi, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Bone, Sabtu, (16/10/2021).

Dalam kesempatan tersebut, melibatkan para taruna-taruni Poltek KP dan juga para Ibu-ibu Nelayan dan Pembudidaya Ikan untuk dibekali pelatihan pengolahan ikan bandeng.

Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama Pemerintah Desa Panyiwi yang juga merupakan Desa mitra atau Desa Inovasi dari Kampus Politeknik Kelautan dan Perikanan Bone.

Direktur Politeknik KP Bone Ani Leilani, memotivasi peserta pelatihan agar membentuk kelompok usaha dan mengoptimalkan pemanfaatan sumberdaya perikanan melalui produk bernilai tambah.

“Kami akan berperan sebagai mitra dengan penyuluh perikanan dalam memberikan pendampingan kegiatan produksi termasuk pengemasan, cara penyimpanan, hingga pemasaran produk,” ujarnya saat ditemui Sabtu, (16/10)

Sementara itu, pada pelatihan teknik bandeng cabut duri ini disampaikan oleh salah satu Tim Dosen Prodi Teknologi Budidaya Perikanan, Supriady.

Dalam pemaparan materinya juga menyampaikan variasi produk nilai tambah yang berpotensi untuk dikembangkan dari hasil perikanan warga Desa Panyiwi.

“Melalui kegiatan Desa Mitra/Desa Inovasi, diharapkan Desa Panyiwi kelak akan memiliki produk dengan brand Dusun Ance’e,” kata Supriady

Sekedar diketahui, dalam kegiatan pelatihan ini juga diikuti oleh mahasiswi IAIN Bone yang juga sedang melaksanakan KKLP di Desa Panyiwi.

Sebelumnya, beberapa waktu yang lalu, telah ditandatangani MoU antara Rektor IAIN dan Direktur Politeknik KP Bone untuk saling mendukung dalam penyelenggaraan pendidikan pada kurikulum merdeka belajar.

Laporan: Ani Hammer

Loading...

Komentar

News Feed