oleh

Menuju Level 3, Inspektorat Daerah Bantaeng Terus Berbenah

CAKRAWALAINFO.COM – BANTAENG | Ekspos Mandiri Maturitas APIP Kab. Bantaeng Secara Virtual melalui aplikasi Zoom yang dilaksanakan di aula Inspektorat Daerah Bantaeng.(31/08/2020

Ekspose kali ini diikuti oleh 2 Perwakilan BPKP yang keseluruhannya akan memaparkan hasil Quality Assurance Hasil Penilaian Maturitas Penyelenggaraan SPIP dan Quality Assurance Hasil Penilaian Kapabilitas APIP.

Menuju Level 3, Inspektorat Daerah Bantaeng Terus BerbenahTurut hadir dalam ekspose, jajaran APIP Inspektorat Daerah Kabupaten Bantaeng dipimpin langsung oleh Inspektur dan dihadiri oleh bapak Asisten 1, H.Hartawan Zainuddin,SH,MH., perwakilan Dinas Kesehatan dan Perwakilan RSUD Prof. H. Anwar Makkatutu Bantaeng.

Perhatian utama tim panelis saat pelaksanaan ekpose adalah bagaimana tim Quality Assurance Perwakilan memahami esensi dari pemaparan yang dibawakan, baik berkaitan dengan Maturitas Penyelenggaraan SPIP maupun Kapabilitas APIP. Tim panelis yang terdiri dari Direktur Pengawasan Tata Kelola Pemerintah Daerah, Kepala Sub Direktorat Pembinaan Peningkatan Kapabilitas APIP Daerah, dan Kepala Sub Direktorat Pembinaan Penyelenggaraan SPIP Daerah, Nani Ulina Kartika Nasution berharap agar dokumen-dokumen pemenuhan dapat dipertanggungjawabkan, benar-benar diterapkan dan secara kontinyu dimutakhirkan.

Ekspose Kapabilitas APIP dan SPIP diharap mampu menambah pencapaian target Level 3. Saran perbaikan dari tim panelis saat ekspos berlangsung merupakan Area of Improvement (AoI) yang harus segera ditindaklanjuti oleh APIP di daerah. Rencana tindak lanjut atas AoI tersebut dituangkan dalam sebuah dokumen Rencana Tindak yang merupakan salah satu syarat terpenuhinya capaian Level 3.

Sebagai konfirmasi, pemerintah kabupaten Bantaeng selaku assessor diberi kesempatan oleh tim panel untuk menyampaikan argumentasi dan pembuktian bawah setiap sub unsur yang dinilai berdasarkan proses penilaian dan bukti yang didapatkan memang layak disimpulkan untuk mendapatkan level tertentu pada tingkat Maturitas APIP.

Dalam penekanannya Inspektur Daerah Bantaeng,Muh. Rivai Nur,SH,M.Si, juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan salam hormat kepada tim panelis BPKP Pusat,BPKP perwakilan Sulawesi Selatan dan semua pihak yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Laporan: Irwan

Loading...

Komentar

News Feed