oleh

Ketua TP-PKK Bulukumba Paparkan Potensi Sektor Pariwisata Pada Kunjungan Studi Banding TP-PKK Sulbar

CAKRAWALAINFO.COM – BULUKUMBA: Dalam rangka penguatan kelembagaan dan peningkatan 10 program kerja PKK, Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) melakukan studi banding di Kabupaten Bulukumba.

Rombongan TP-PKK Sulbar disambut oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Bulukumba Hj. Ira Kasuara Hasyim bersama para pengurus dan anggota di Ruang Pola Kantor Bupati, jum’at (12/11/2021).

Ketua TP-PKK Bulukumba Ira Kasuara menyambut baik kunjungan studi banding TP-PKK Sulbar, oleh karena pertemuan tersebut dapat dijadikan ajang sharing informasi untuk pengembangan ilmu, pengetahuan, serta wawasan tentang materi-materi dalam rangka implementasi 10 program PKK.

“kunjungan hari ini merupakan motivasi bagi kami, karena TP-PKK Bulukumba mendapatkan perhatian dan tentunya ada dihati TP-PKK Sulawesi Barat. Semoga kunjungan silaturahmi ini dapat memberikan semangat kita semua dalam melaksanakan program PKK,” tutur Ira.

Dirinya pun menjelaskan bahwa Kabupaten Bulukumba yang terdiri dari 10 Kecamatan, 27 Kelurahan dan 109 Desa memiliki beraneka ragam destinasi pariwisata, mulai dari wisata bahari yang sangat terkenal dan mampu memukau para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Tak hanya itu, terdapat juga wisata alam yakni permandian alam Sungai Sempit dan permandian alam Hila-Hila, Bukit Kahayya, Bukit Bulupadido, wisata Perkebunan karet dan lain sebagainya.

“Selain wisata bahari dan wisata alam, Kabupaten Bulukumba juga terkenal dengam wisata sejarah, budaya dan religi. Diantaranya tempat pembuatan perahu tradisional Pinisi, kawasan adat Ammatoa Kajang, dan Islamic Center Dato Tiro yang merupakan sebuah bangunan masjid yang begitu megah,” jelasnya.

Untuk itu Hj. Ira sapaan akrabnya berharap dengan kegiatan studi banding TP-PKK Sulbar diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman serta menambah cakrawala berfikir untuk menata diri dengan kualitas kerja yang lebih profesional dalam rangka menunjang keberhasilan pencapaian tujuan gerakan PKK.

Ketua TP-PKK Sulbar Andi Ruskati Ali Baal Masdar menuturkan bahwa, tujuan TP-PKK Sulbar mengunjungi Kabupaten Bulukumba selain dalam menjalin silaturahmi, juga saling berbagi pengetahuan dalam meningkatkan berbagai program TP-PKK Sulbar termasuk di sektor UMKM.

Mengenai Pariwisata, Andi Ruskati pun mengaku takjub akan kekayaan sektor pariwisata di Kabupaten Bulukumba termasuk wisata bahari serta pembuatan perahu pinisi.

“sengaja kami datang ke Bulukumba selain untuk sharing, juga karena Bulukumba menurut kami sangat luar biasa terutama pantainya. Selain itu sebagai mana kami juga di Sulbar ada perahu Sandeq, di Bulukumba juga ada perahu Pinisi yang juga menurut kami luar biasa karena telah diakui sebagai Warisan Budaya Takbenda oleh UNESCO,” tutur Andi Ruskati mengapresiasi.

Lebih lanjut, iapun berharap melalui pertemuan tersebut agar dapat saling belajar dan bekerja sama dalam pengembangan program-program PKK kedepannya.

Sementara itu, Wakil Bupati H. A. Edy Manaf yang juga turut hadir dalam pertemuan tersebut mengaku bangga atas kunjungan TP-PKK Sulbar ke Kabupaten Bulukumba.

“Alhamdulillah, patut kita syukuri dan suatu kebahagiaan untuk Bulukumba bahwa provinsi mengunjungi suatu daerah kabupaten, dan ini kebanggaan buat kita semua,” ujar Edy Manaf.

Edy Manaf menilai bahwa kesuksesan suatu daerah tidak terlepas dari peran serta PKK sebagai mitra pemerintah yang turut mengambil peran dalam menjalankan program pemerintahan, sehingga anggapan PKK yang dipandang sebelah mata menurutnya sangat tidak relevan.

“selama ini PKK yang hanya dilihat sebelah mata itu salah, hal itu dapat dibuktikan bahwa PKK juga mampu menggerakkan roda pemerintahan, dan itu semua tidak lepas dari support para anggotanya yang selalu dalam kebersamaan,” terang Wabup.

Selanjutnya, Rombongan TP-PKK Sulbar menuju gedung PKK Bulukumba untuk mengunjungi pameran mini hasil dari Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) yang diselenggarakan TP-PKK Bulukumba.

Laporan: Ikbal

Loading...

Komentar

News Feed