oleh

Camat Dua Boccoe Kukuhkan Duta Pancasila Purna Paskibra Kecamatan

CAKRAWALAINFO.COM – BONE | Camat Dua Boccoe, Andi Musafir,S.Pi, Resmi melantik dan mengukuhkan organisasi masyarakat Duta Pancasila Purna Paskibra Kecamatan (DP Prascam) Dua Boccoe periode 2021-2022 yang disaksikan oleh unsur Tripika Kecamatan Dua Boccoe dan Ketua Forum Merah Putih Asri,S.Pd, kamis (10/6/2021), di Aula Kantor Kecamatan Dua Boocoe, poros bone-wajo.

Pengurus Duta Pancasila Purna Paskibra Kecamatan (DP Prascam) Dua Boccoe adalah hasil dari kegiatan musyawarah para pemuda yang perna bertugas menjadi pasukan pengibar bendera di tingkat kecamatan. Diharapkan pengurus baru organisasi para mantan Paskibra di Dua Boccoe ini akan menjadi regenerasi penerus dan ujung tombak dalam pembinaan ideologi pancasila.

Dalam sambutannya, Andi Musafir mengatakan meskipun telah menjadi purna, dirinya meminta pada pemuda dua boccoe ini tetap ikut andil dalam menciptakan suasana kondusif, dan bisa aktif melakukan kegiatan-kegiatan sosial masyarakat dengan bersinergi bersama tripika kecamatan dan pemerintah kabupaten.

“Hari ini resmi dilantik DP Prascam Dua Boccoe, saya berharap pengurus yang sudah terbiasa dengan jiwa kedisiplinan, wawan kebangsaan, bisa mengambil peran di kecamatan bersama tripika mewujudkan suasana Kecamatan dua boccoe yang aman dan kondusif. Pengurus yang sudah dilantik menjadi garda terdepan mengedukasi masyarakat, khususnya pemuda terkait kenakalan remaja, penggunaan narkoba, balab liar dan tindak kriminal lainnya” tegas Andi Musafir

Dipesankan juga, untuk mempertahankan kekompakan sebuah organisasi, Andi Musafir menitipkan agar para anggota bisa menghadirkan kekokohan dalam organisasi. Hal ini bisa diwujudkan melalui komunikasi dan memperkuat korsa sesama anggota.

Sementara, Pembina Forum Merah Putih Bone, Zainal,S.Sos,M.Si yang hadir menyaksikan melantik dan mengukuhkan DP Prascam Dua Boccoe menjelaskan Organisasi Duta Pancasila Purna Paskibra Kecamatan ini merupakan organisasi masyarakat yang mulai dibentuk di Kecamatan Dua Boccoe, dan organisasi ini akan ada disetiap kecamatan di Kabupaten Bone.

“Setiap tahunnya, Indonesia termasuk Bone melahirkan ratusan orang anak-anak pilihan melalui program Paskibra disemua tingkat kecamatan. Ini akan menjadi sebuah potensi yang dahsyat dipelosok, yang besar apabila ada perhatian, kepedulian dari semua stakeholder pemangku kebijakan di kecamatan dengan memberi ruang. Ini adalah aset bangsa yang harus diteruskan dan dibina,” tutur zainal.

Lebih lanjut, Zainal juga ingin ada sinergitas antara Pengurus PD Prascam Dua Boccoe dengan Pemerintah Kecamatan setempat. Sinergitas ini bisa dituangkan melalui kegiatan bersama, baik dalam edukasi masyarakat, pembinaan generasi muda dalam bentuk sosialisasi ataupun seminar-seminar yang nantinya pengurus purna ini menjadi penggerak.

“Purna Paskibra harus mampu memediasi kegiatan apapun itu, juga harus mempunyai jiwa yang inovatif, melahirkan karya-karya yang berjenjang dan berkelanjutan. Dan juga harus mempunyai wawasan global tetapi bertindak dengan nilai-nilai Pancasila. Think globaly, act locally. Itulah seorang Duta Pancasila Prascam sebenar-benarnya,” pungkas Zainal.

Laporan: Ani Hammer

Loading...

Komentar

News Feed