oleh

Gandeng Panttiro Jeka, Puskesmas Binamu Kota Lakukan Promkes Keliling

CAKRAWALAINFO.COM – JENEPONTO:  Promosi kesehatan kembali digelar oleh Puskesmas Binamu Kota sebagai bagian dari upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Jeneponto. Untuk aksi langsung kali ini Puskesmas Binamu Kota menggandeng member Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) yakni Pattiro Jeka. (Selasa, 21/04/2020).

Kepala Puskesmas Binamu Kota dr. Imam Sapongi menjelaskan tujuan kegiatan promosi kegiatan ini adalah bagian dari edukasi kepada masyarakat agar masyarakat mengetahui cara untuk tidak terpapar Covid-19
” Tujuan dari giat promosi kesehatan ini adalah sosialisasi di masyarakat agar masyarakat mengetahui cara pencegahan virus corona, Promkes ini juga merupakan support terhadap Tim Gugus Tugas Kelurahan agar kita mengetahui apa saja yang harus disiapkan pada posko kelurahan khususnya terhadap warga wajib pendatang dari luar daerah” terang dr. Imam.

Model sosialisasi yang dilakukan oleh Puskesmas Binamu Kota dengan cara mobile menyusur jalan poros dan kelurahan yang berada di wilayah kerja Puskesmas Binamu Kota.
“Hari ini kami melakukan promosi kesehatan dengan menggunakan mobil puskesmas, kami start dari Kantor Kelurahan Balang Toa kemudian menuju kalukuang dan mengelilingi kelurahan wilayah kerja PKM kami” terangnya.

Sementara itu Suryani HG member OMS yang juga merupakan Direktur NGO Pattiro Jeka menilai positif kegiatan promosi kesehatan serentak yang dilakukan oleh Puskesmas Binamu Kota.
“Puskesmas sangat responsif dan aktif karena kegiatan (sosialsisasi) ini sudah dilakukan setiap hari di wilayah kerja Puskesmas Binamu Kota”, ungkapnya.

Lebih lanjut Suryani HG mengatakan untuk kolaborasi promosi kesehatan ini kami sendiri dari Pattiro Jeka menyiapkan alat cuci tangan yang ditaruh pada Kantor Kelurahan Balang Toa.
“Ember cuci tangan untuk kantor lurah balang toa karena yang ada disana ember biasa dan airnya tergenang dan sudah ada jentik nyamuk, sangat tidak sehat, selain itu kami juga menyiapkan masker untuk dibagikan kepada masyarakat”, tutur Ani sapaan akrabnya.

Direktur Pattiro Jeka ini berharap agar kepada pemangku kebijakan agar lebih memperhatikan tenaga medis dan mengaktifkan posko kelurahan.
“Dari pantauan kami dilapangan kami berharap agar pemerintah lebih mengaktifkan posko gugus tugas kelurahan, dan semoga para tenaga kesehatan yang ada di puskesmas lebih diperhatikan misalnya melengkapi mereka dengan APD berstandar sehingga lebih memberikan efek keamanan saat mereka terjun kelapangan untuk mengecek warga” tutupnya.

Laporan: Usman S

Loading...

Komentar

News Feed